RSS

Obrolan A sampai C tentang kuliner Sumbawa Barat



Ada yang bilang makanan daerah adalah identitas. Begitu katanya, makanya pas rendang diakuin sama negara malaysia sebagai masakan mereka, sebagian orang Indonesia cuap-cuap tidak terima. Selain itu beberapa yang berpendapat, rasa dalam masakan daerah juga merupakan cerminan karakter daerah tersebut. Jika masakan minang sebagian besar rasanya pedas, menandakan budaya orang minang yang blak-blakan dan ngomong apa adanya. Masakan jawa yang lebih dominan dengan citarasa yang manis mencerminkan karakter orang jawa yang pendiam dan suka memendam. Tapi itu kan katanya. Katanya lo, saya tidak mengamini pendapat ini karena beberapa tahun tinggal di Jawa, banyak juga masakannya yang pedas, dan malah sangat pedas dan menggigit. 
 
Ketika saya berada di Sumbawa Barat, saya ingat masakan khas mereka yang langsung membuat lidah saya ingin merasakannya lagi dan lagi. Singang nama masakannya. Ini adalah masakan yang pertama yang saya cicip ketika saya tiba di Pulau itu. Ternyata tidak Cuma singang yang membuat saya jatuh cinta, tapi juga ada Sepat dan sambel mangga muda serta sayur daun kelor.hmmmm...menuliskan ini membuat air liur saya terbit. 

Pedas dan asam. Itu adalah cita rasa yang mendominasi masakan khas sumbawa barat. Tak heran, selain cabe mereka selalu menyediakan asam jawa yang dalam bahasa mereka disebut Bage. Jika didapur ibu saya Cuma menyediakan asam jawa atau bage ini Cuma sebongkah kecil dan itupun lama habisnya, maka di Sumbawa Barat, kita akan menemukan bage dalam bongkahan yang besar-besar. Jika kita melongok cara pemakaian bage ini, jangan heran, karena satu genggaman anak kecil akan digunakan untuk sekali memasak. Namun mereka tidak memasukkan bage bulat-bulat seperti yang saya saksikan ketika ibu saya memasak. Mereka merendam lalu meremas bage ini agar asamnya keluar. Dan kemudian air hasil remasan ini yang akan dicampur dengan masakan.

Selain bage yang membuat citarasa asemnya kuat, beberapa buah juga diikutsertakan agar menambah kemeriahan asamnya. Jika bage merupakan campuran untuk membuat singang. Maka mangga muda dan bahkan buah jambu mete atau jambu monyet juga akan kita temukan dalam sepat. Saya pernah mencoba makan masakan Sepat hasil masakan Ibu-ibu PKK desa.  Citarasa pedas dan asemnya kali ini begitu luar biasa, benar-benar nendang dan membuat saya nambah beberapa kali. Hasilnya, saya harus merasakan mulas yang luar biasa malamnya.

Selain citarasa makanan yang khas, hal lain yang paling berkesan selama saya disana adalah cara makan mereka. Diawal saya berada disana saya selalu tak bisa melepas pandangan dari orang sumbawa Barat yang makan bersama saya. Bagaimana tidak, cara mereka makan tak biasa menurut saya. Pertama, Karena terbiasa makan dengan makanan berkuah, maka jika tidak ada masakan berkuah, mereka akan mencampurkan air minum putih kedalam nasi mereka sampai nasi mereka dipiring benar-benar terendam. Batin saya sih nasinya bakal tidak ada rasanya karena tercelup dengan air tawar, tapi hampir separuh orang yang saya temui pernah makan dengan cara begini.

Kedua, Jika kita makan bersama mereka dan masakan telah dihidangkan, mereka akan langsung mencicipi sayuran atau lauk langsung dari sendok yang ada di piring sayuran atau lauk tersebut. Karena kita terbiasa menyendok lauk untuk diletakkan di piring makan kita, maka mencicipi langsung sayuran atau lauk ini langsung masuk kemulut mereka akan membuat kita terheran-heran (dan sedapat mungkin kali saya berusaha menyendok lauk pertama kali) . Ini boleh dilakukan oleh semua orang yang ikut makan. Hal ini menandakan bahwa mereka satu rasa.

Tahukah kamu karakter orang Sumbawa Barat jika dihubungkan dengan makanan?. Orang Sumbawa barat yang saya kenal selama setahun saya disana adalah orang yang sangat terbuka dan ramah kepada tamu. Tak heran ketika saya berkunjung kerumah mereka, mereka selalu mengajak saya makan dan ini bukan cuma basa basi saja menurut saya (terkadang saya memanfaatkan moment ini agar bisa makan gratis dan tak perlu memasak, hahaha). Kenapa saya bilang ini bukan basa basi belaka? Hal ini terbukti ketika ada tamu atau tetangga yang datang, jika mereka menawari makan maka si tamu pun akan langsung makan bersama mereka. Dan akan menolak jika benar-benar telah makan dan sudah kenyang.

Selain itu, hampir semua orang sumbawa barat yang saya kenal pintar memasak (mungkin kepintarannya ini semakin kelihatan karena yang menilai adalah saya yang tak pandai memasak). Kenapa saya mengatakan hampir semua orang? Karena murid-murid saya yang kelas 4 saja sudah pintar memasak dan hasil masakan mereka tidak kalah enak dengan hasil masakan ibu-ibu mereka. Mereka sangat cekatan sekali mengiris tomat, membersihkan ikan, menakar bumbu-bumbu dan menggilingnya. Aduh, semakin membuat saya malu saja mereka ini!


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

How to Play Baccarat | Unbiased Guide for Beginners - Wilbur
Baccarat is a popular casino game in which players bet on various outcomes, such as a jackpot worrione or a free 메리트 카지노 spin. Most gamblers 메리트카지노총판 will find it

Posting Komentar