RSS

Lamuntet, Negeri Berbukit Emas



Lamuntet, desa yang terletak di kaki bukit ini menjadi daerah penempatan saya selama setahun ini. Daerah yang terletak paling ujung kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat ini dikelilingi oleh bebukitan yang mengandung emas sehingga saya juga menjuluki Lamuntet dengan sebutan “Negeri Berbukit Emas”. Hal ini membuat sebagian besar penduduknya bekerja sebagai penambang. Bukan hanya penduduk sekitarnya saja ternyata, tapi juga dari Lombok dan bahkan banyak penambang yang berasal dari Jawa Barat. Mungkin ini juga salah satunya yang menyebabkan masyarakat Lamuntet begitu terbuka dan ramah terhadap pendatang.
Banyu, tempat wisata anak-anak Lamuntet, begitu alami dan mempesona


Sungai Lamuntet yang lebar dan dangkal

Dinamakan kecamatan Brang Rea yang berarti sungai besar karena sebagian besar wilayah di Kecamatan ini banyak dilalui oleh sungai yang besar dan lebar, termasuk salah satunya yang mengaliri Lamuntet. Disinilah kita bisa menemukan keceriaan dan kebebasan  anak-anak Lamuntet. Pada sore hari atau sepulang sekolah mereka akan mandi kesungai ini, terjun bebas, tertawa lepas, dan mencipratkan air dari kaki-kaki kecil mereka. Lamuntet juga mempunyai tempat wisata yang menarik ni, yakni Banyu yang terletak sekitar 2 KM dari perkampungan. Banyu adalah air terjun yang bertingkat-tingkat dan bisa dinaiki karena batunya yang tidak licin.
Jika kita tinggal di Lamuntet lebih lama, kita akan menemukan dan dapat menyaksikan kebudayaan khas Samawa, diantaranya budaya Barodak untuk pengantin yang akan menikah dan diiringi oleh alat musik tradisional yakni Gong Genang dan Serunai. Barodak berarti luluran. Odak atau lulur ini berasal dari bahan-bahan alami yang akan dilumuri kepada kedua calon penganten. Selain itu, orang Lamuntet mempunyai kebiasaan yang unik selama bercocok tanam di sawah.Ya! para petani ini yang berjumlah sangat banyak akan memenuhi sawah  untuk bertanam padi sampai semuanya berhasil ditanam. Selain menghemat waktu, juga bisa meningkatkan kerjasama.Hmmm...benar-benar budaya yang harus dipertahankan ya! 
Murid saya yang sedang literasi ketika musim tanam tiba

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar